Selasa, 20 November 2012

Mengapa Layang-Layang Bisa Terbang ?

      Siapa yang pernah main layang-layang? kapan layang-layang dengan mudah diterbangkan. Yup tentunya saat ada angin yang berhembus.
   Tahukah kalian bagaimana  layang-layang bisa terbang ? Layang-layang bisa terbang karena ada gaya yang mengangkat layang-layang membubung ke atas. Gaya ini sering kita sebut dengan Gaya Angkat Aerodinamis, sama halnya dengan gaya yang menyebabkan pesawat bisa terbang. Gaya angkat ini diperoleh dari adanya perubahan kecepatan udara yang yang menentang layang-layang. Ketika angin yang berhembus dengan kecepatan v terhalang oleh bidang diam (misalnya permukaan layang-layang) maka akan terjadi energi kinetik sebesar (1/2) mv^2 yang mengangkat layangan dimana m adalah massa udara yang berhembus. Jadi syarat agar layang-layang dapat terbang di angkasa adalah adanya angin yeng berhembus dan tali/benang yang dapat membuat layang-layang bertahan ditempatnya. Jika tak ada angin tak akan terjadi gaya angkat aerodinamik, atau jika benangnya putus, layang-layang tak mungkin "terbang" melainkan melayang mengikuti arah angin untuk kemudian jatuh ke bumi akibat adanya gaya tarik bumi. yang melebihi gaya angkat aerodinamis.
     Wah ternyata mainan yang ada di sekitar kita menggunakan prinsip fisika juga. Masih banyak lagi permainan sewaktu kita kecil yang menerapkan ilmu dan teori fisika di antaranya adalah :
a. Bola Bekel di dalamnya ada lampu, ketika bola dibanting lampu di dalamnya dapat menyala
b. Kapal uap yang kita bakar atasnya bisa bergerak di atas air
c. Yoyo yang dapat bergerak akibat gaya dari tangan kita yang membuat yoyo berputar
d. Tembak air yang memanfaatkan prinsip tekanan sehingga air bisa keluar

Sumber : http://www.adipedia.com/2010/06/kenapa-layang-layang-bisa-terbang-saat.html dan http://www.fisikaasyik.com/home02/content/view/156/44/

5 komentar:

  1. Ternyata Fisika memang dekat sekali dengan kita, dan artikel ini dapat merubah pandangan kita yang deringkali menjudge bahwa fisika itu sulit n penuh dengan rumus.

    BalasHapus
  2. jadi pengen buaat layangan.....

    BalasHapus
  3. Terima kasih utk jawabannya.

    BalasHapus
  4. Mau tanya deh layang layang itu tekanannya lebih besar dibagian atas atau bawag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tekanan bagian bawah Lebih besar dbanding atasnya

      Hapus